Mungkin tak banyak orang yang mengetahui keberadaan beras hitam. Beras hitam itu sendiri merupakan beras yang bisa dibilang langka, karena hanya terdapat di Asia, seperti di Indonesia dan Thailand. Orang Amerika menyebut beras hitam sebagai “Indonesia Black Rice” dan untuk beras hitam dari Thailand, mereka menyebutnya “Thai Jasmine Black Rice”. Pada masa kerajaan Cina kuno, beras hitam tidak boleh dikonsumsi oleh sembarang orang dan hanya boleh dikonsumsi terbatas oleh kalangan istana. Ada larangan bahwa rakyat jelata atau masyarakat yang bukan kalangan kerajaan dilarang mengkonsumsi beras tersebut. Jika melanggar akan mendapatkan hukuman penggal.
Warna hitam pada beras hitam disebabkan karena tingginya antosianin yang diproduksi oleh kulit ari dan endosperm, sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam. Penelitian menunjukan bahwa semakin gelap warna beras, maka kandungan pigmen antioksidannya juga semakin tinggi.
Beras hitam merupakan beras yang belum mengalami proses penggilingan atau pengelupasan kulit sepenuhnya. Lapisan kulit yang masih menutupi bijirin beras mengandung serat dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Sedangkan beras putih sudah dikuliti hingga hanya tersisa bijirinnya. Sehingga tidak memiliki lagi serat dan bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Itulah sebabnya, mengonsumsi beras hitam lebih sehat ketimbang beras putih.
Apa saja manfaatnya?
• Beras hitam memiliki kadar serat yang sangat tinggi yang sangat baik apabila dikonsumsi oleh penderita diabetes.
• Makanan dengan karbohidrat kompleks, yang salah satunya terdapat pada beras hitam, memiliki tingkat glycemic index rendah yang berfungsi mengatur kadar gula darah dan produksi insulin. Selain itu juga menyediakan energi untuk memaksimalkan manfaat kesehatan.
• Beras hitam mengandung karbohidrat kompleks yang lama dicerna dalam tubuh. Sehingga bisa membuat Anda kenyang hingga berjam-jam.
• Zat besi atau mangan yang terdapat pada beras merah membantu tubuh untuk menghasilkan energi dari makanan yang Anda konsumsi. Zat besi merupakan komponen penting dari enzim dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas yang biasanya terbentuk selama proses produksi energi. Jadi, daya tahan tubuh meningkat dan energi bisa digunakan lebih optimal.
• Kaya akan Zinc. Mineral zinc berfungsi untuk membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imunitas sehingga berfungsi dengan baik. Zinc juga kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel dan jaringan tubuh. Mineral zinc tersebut terkandung dalam beras.
• Mengandung Vitamin B-6. Mengkonsumsi satu porsi nasi hitam berarti sudah tubuh kita sudah memenuhi 23% kebutuhan harian dari vitamin B6 yang bergunai untuk menjalankan fungsi organ. Karena dalam beras hitam terdapat kandungan vit. B6 yang sangat tinggi. Vitamin B6 itu sendiri membantu keseimbangan dari pembentukan hormon serotonin (hormon pengatur mood), sel darah merah dan produksi sel-sel DNA.
• Mampu menurunkan Kolesterol. Memasukkan beras/nasi hitam ke dalam menu program diet merupakan hal yang sangat bagus untuk program diet itu sendiri. Nasi atau beras hitam, mengandung minyak yang bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Maka dari itu, disarankan untuk menjalani diet dengan beras hitam, merah dan gandum utuh dengan tujuan meningkatkan level kolesterol baik. Jadikan nasi hitam, merah sebagai makanan pokok dan sumber karbohidrat sehat untuk dikonsumsi setiap hari.
Beras hitam ini bisa dikonsumsi seperti beras pada umumnya dengan lauk-pauk yang tentunya bergizi.

Sumber : http://sukamasak.com/artikel-tips/2013/07/si-hitam-dengan-segudang-manfaat

 

Kunjungi juga online store www.littlesalma.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>